Desa Binaan BEM KMFT UGM

on Minggu, 13 Maret 2011
Mengintip kegiatan SOSMAS BEM KMFT UGM

“Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi orang lain”

Kalimat itu menjadi salah satu sumber energi terbesar bagi kami, SOSMAS BEM KMFT UGM. Sesuai namanya, kami adalah departemen di Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yang berkecimpung di bidang Sosial Kemasyarakatan.  Kami selalu berusaha “memberi” bagi masyarakat, memberi ilmu, memberi tawa dan juga memberi kebahagiaan J.
Beberapa kegiatan rutin yang kami miliki adalah:

·         DEBEST (Desa Binaan Eksternal)

Program Desa Binaan Eksternal ini merupakan program dari SOSMAS untuk membantu warga desa di bidang pendidikan dan keterampilan. Desa binaan yang kami miliki berada  salah satu dusun di kabupaten Bantul, tepatnya di desa Ngampon, kecamatan Banguntapan.  Program Debest ini kami laksanakan sebulan dua kali. Di bidang pendidikan, kami membantu mengajar anak-anak SD dan SMP yang ada disana baik dalam pendidikan formal, maupun informal (pelatihan corel draw, ms. Office, dll). Sedangkan di bidang keterampilan, kami membuat sebuah paguyuban perempuan yang beranggotakan ibu-ibu dan remaja desa setempat. Kegiatannya antara lain: lomba memasak dan penyuluhan-penyuluhan tentang cara hidup sehat.




·         PANSUH (Panti Asuhan)

Selain mengajar di desa binaan, SOSMAS BEM KMFT UGM juga rutin mengajar di salah satu panti asuhan, yaitu Panti Asuhan Putri Aisyah yang berada di Jalan Munir 109, Serangan, Yogyakarta. Latar belakang dari kegiatan ini adalah karena panti asuhan ini membutuhkan pendidik untuk membimbing anak-anaknya dalam hal pendidikan formal.  Kegiatan mengajar ini dilaksanakan pada hari jumat setiap minggunya, dan setiap kali mengajar selalu dibentuk tiga tim yang bertanggung jawab pada masing-masing jenjang pendidikan, yaitu SD, SMP, dan SMA. Selain kegiatan mengajar rutin setiap hari jumat, kami juga mengadakan bimbingan khusus setiap hari Selasa dan Rabu malam bagi siswi yang sedang duduk di kelas VI SD, IX SMP, dan XII SMA agar mereka memiliki persiapan yang cukup dalam menghadapi Ujian Nasional.

·         COMDEV (Community Development)

Dalam hal community development, SOSMAS BEM KMFT UGM memiliki dua program, yaitu:
ü  DEGAS (Desa Biogas)

Program Desa Biogas ini juga terletak di desa binaan kami, yaitu desa Ngampon. Pada tahap awal, kami memberi penyuluhan kepada masyarakat, khususnya kelompok ternak setempat tentang proses pembuatan biogas dan keuntungannya bagi masyarakat. Masyarakat setempat sangat antusias dalam rencana pembuatan biogas di desa mereka, dan pada saat ini instalasi biogas sedang dibangun di desa Ngampon tersebut J


Kegiatan penyuluhan biogas

ü  ANKAT (Pemberdayaan Masyarakat)

Program Ankat ini adalah penerapan dari konsep sosioenterpreneurship. Ankat juga dilaksanakan di desa binaan kami, desa Ngampon. Di desa Ngampon, terdapat banyak kolam lele, sayangnya pemuda disana belum mampu mengembangkannya untuk dijadikan ladang bisnis. Menurut kami, jika dikelola dengan baik kolam-kolam tersebut dapat menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. SOSMAS akan memberi ilmu tentang manajemen pengelolaannya, memberi sedikit modal, dan mengawasi jalannya bisnis kolam lele tersebut, dan yang menjalankan bisnisnya adalah masyarakat setempat.


Itulah beberapa kegiatan dari SOSMAS BEM KMFT UGM, terkadang kami juga mengalami kendala karena berbagai tugas akademis di kampus yang juga menyita waktu, namun semua itu masih dapat kami atasi sehingga sampai saat ini SOSMAS BEM KMFT masih aktif untuk berkontribusi bagi masyarakat.

"tiada yang membuat kami bersikap seperti ini selain rasa cinta yang telah mengharu biru hati kami, menguasai perasaan kami, menguras habis air mata kami, dan mencabut rasa ingin tidur dari pelupuk mata kami"

Ingatlah, pada saat ada seseorang memberikan pertolongan, sebenernya yang bahagia bukan hanya yang ditolong, namun juga yang menolong J

0 komentar:

Posting Komentar